d'masiv - jangan pergi

Rabu, 27 Februari 2013

CARA MEMPEROLEH SAMBUNGAN INTERNET

BERBAGAI CARA KONEKSI KE INTERNET

untuk dapat terhubung dengan internet,kita dapat menggunakan berbagai macam cara,koneksi dengan kecepatan akses yang berbeda beda,di antaranya adalah sebagai berikut:

1.      DIAL UP melalui jalur PSTN
Dial up melalui jalur PSTN (public,switched,telpon,network)adalah koneksi ke internet melalui jaringan telepon regular.
Dial up ini merupakan koneksi yang paling sederhana dan paling murah
biasanya,komputer yang di gunakan adalah komputer tunggal.

2.    melalui jaringan
salah satu cara terhubung ke internet adalah dengan menghubungkan komputer kita ke jaringan komputer yang terhubung ke jaringan internet.
Biasanya komputer yang berfungsi sebagai server di hubungkan dengan sebuah ISP melalui kabel telepon dan antenna.
Sedangkan untuk menghubungkan komputer ke komputer server menggunakan kartu LAN dan kabel UTP

3.    menggunakan jaringan GPRS
DIAL UP dengan teknologi GPRS (General Packet Radio Service) adalah koneksi menggunakan perangkat ponsel atau PDA(Personal Data Asistance) yang berfungsi sebagai modem melalui kabel data dengan menggunakan operator ponsel sebagai ISP.keunggulan dari GPRS adalah dapat di lengkapi Fasilitas GPRS dan sebuah SIM CARD yang menyediakan layanan GPRS,GPRS menjanjikan kecepatam mulai dari 56 kbps-114kbps kelemahannya adalah mendapatkan koneksi internet secara mobile kita harus melakukan seting tertentu.

4.    leased line
leased line adalah fasilitas line yang di sewa untuk melakukan koneksi leased line kita perlu memakai TCP/IP pada suatu jaringan biasanya di rancang perusahaan untuk di jual ke perusahaan lain.
Fasilitas ini di perlukan waktu biaya dan infrastruktur yang lebih.

5.    frame relay
merupakan layanan koneksi yang memungkinkan beberapa pengguna menggunaklan satu jalur transmisi pada waktu bersamaan,penggunaan frame relay lebih efisien di banding dengan leased line khusus untuk satu poelanggan yang umumnya memakai 10% sampai 20% dari kapasitas bandwidth yang di sediakan.

6.    ADSL(Asimmetric Digital Subscriber Line)
Merupakan koneksi internet melalui kabel telepon rumah dengan menggunakan modem ADSL circuit DSL di configurasikan untuk menghubungkan 2 tempat yang spesifik.koneksi DSL jauh lebih cepat di banding koneksi DIAL UP jalur PSTN.untuk Dsl confernsional rata-rata kecepatan download antara 256kbps-8mbps pada jarak 1,5km kecepatan upload yang lebih lambat yaitu sekitar 64 kbps-256 kbps kadang dapat pula melaju sampai 1024kbps. Contohnya : speedy
7.    MELALUI WI-FI
WI-FI merupakan singkatan dari wireless fidelity.WI-FI merupakan teknologi tanpa jaringan kabel yang menggunakan frekwensi tinggi frekwensi yang di gunakan teknologi WI-Fi berada pada spectrum 2.4GHZ .kita dapat terhubung dengan internet melalui WI-FI menggunakan sebuah notebook dan PDA.
WI-FI menggunakan akses internet sampai dengan kecepatan 11 mbps. Namun kita harus berada pada wilayah yang terdapat sinyal Wi-Fi daerah yang mempunyai sinyal WI-FI adalah daerah yang berada pada radius 100m dari titik akses.
Ada 3 lomponent yang terdapat dalam sebuah lokasi hostpot antara lain : 
1. akses point(titik akses adalah perangkat yang menghubungkan wireless line dengan Ethernet.titik akses yang memiliki kemampuan untuk melayani 128 orang.
        2. akses controller (pengendalian akses) adalah perangkat yang berfungsi sebagai alat autentifikasi untuk mengecek apakah seorang pengguna merupakan orang yang mempunyai hak izin melakukan akses .
3.  internet link adalah pera.ngkat yang menghubungkan lokasi hostpot dengan internet.internet link mempunyai kemampuan koneksi inter sampai kecepatan 512kbps.

8.    ISDN (intergrated service digital network)
ISDN adalah istilah untuk saluran telepon digital yang dapat di manfaatkan untuk menyalurkan data berformat digital saluran ISDN memungkin kan akses internet dengan kecepatan 128kbps.

9.    VSAT
Koneksi ini merupakan solusi terhadap pengguna internet yang berada di tenmpat terpencil karan tidak tersedianya jaringan telepon,lised line,maupun ISDN koneksi ini membutuhkan VSAT yang berbentuk piringan berbentuk besar dan di arahkan ke langit.
10.            Menggunakan jaringan tv kabel
Menggunakan jaringan tv kabel untuk menggunakan jaringan komputer telah banyak dilakukan kelebihan mengakses internet dengan jaringan tv kabel merupakan satu paket dengan layanan tv kabelnya.,
Jaringan tv kabel adalah jaringan dengan komunikasi data yang lebar.hal ini mengingat tv kabel harus melewati gambar bergerak dan suara bila digunakan untuk internet,maka kita kan mendapatkan akses internet dengan cepat.beberapasyarat yang harus di penuhu dengan menggunakan jaringan tv kabel:
1.      berlangganan dengan penyedia layanan tv kabel yang di loengkapi internet
2.    perangkat komputer standar yang sudah di lengkapi sytem oprerasi dan browser
3.    cable modem dengan doksis system, yaitu modem yang di rancang khusus untuk jaringan tv kabel
4.    Ethernet card

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar